Senin, 30 September 2013

Ekspor dan Impor Nonmigas ke Korea Selatan Mengalami Peningkatan

Berita ekonomi hari ini datang dari perkembangan ekspor nonmigas ke negara tujuan Korea Selatan menurut laporan Biro Pusat Statistik (BPS) terkini menunjukkan kenaikan yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada nilai ekspor nonimgas ke negara tersebut. Nilai pada bulan Juli dilaporkan dapat mencapai nilai 500.6 juta Dollar AS .

Sementara itu kinerja ekspor nonmigas pada bulan sebelumnya hanya mencapai nilai 491.3 juta Dollar AS. Dengan demikian kinerja ekspor nonmigas pada periode tersebut mengalami kenaikan sebesar + 9.30 juta Dollar AS, atau mengalami penambahan sebesar + 1.89 %.

Laporan terkini dari Biro Pusat Statistik juga menunjukkan bahwa ekspor nonmigas dari awal tahun ini sampai bulan Juli secara total mencapai nilai 3615 juta Dollar AS. Data tersebut menunjukkan adanya penurunan sebesar -431.6 juta Dollar AS atau turun sekitar -10.66 %, dimana pada periode yang sama tahun lalu hanya mencapai nilai 4046.6 juta Dollar AS.

Impor nonmigas dari negara asal Korea Selatan menurut laporan Biro Pusat Statistik (BPS) terkini menunjukkan kinerja yang meningkat. Hal itu ditunjukkan dengan adanya kenaikan pada nilai impor nonmigas dari negara tersebut dimana nilai pada bulan Juli dapat mencapai angka 791.9 juta Dollar AS (CIF).

Laporan terkait juga menyebutkan bahwa impor nonmigas dari negara terkait hanya mencapai nilai 688.3 juta Dollar AS . Dengan demikian kinerja impor nonmigas pada periode Januari – Juli mengalami kenaikan sebesar + 103.6 juta Dollar AS, atau sekitar + 15.05 %.

Data paling akhir dari BPS juga menunjukkan bahwa impor nonmigas dari awal tahun ini sampai bulan Juli secara total mencapai angka 5455.7 juta Dollar AS. Laporan tersebut menunjukkan adanya kenaikan sebesar + 487.8 juta Dollar AS atau sekitar + 9.81 %, dimana pada periode yang sama tahun lalu hanya mencapai nilai 4967.9 juta Dollar AS.

Analisa ekonomi Vibiz Research dari Vibiz Consulting mengemukakan bahwa pada analisa kurs BI hari ini Won Korea Selatan terpantau bergerak menguta tajam sekitar 17.83 % terhadap mata uang Rupiah pada perdagangan valas dari awal Januari sampai dengan hari ini. Adapun kurs BI (jual) Won Korea Selatan dengan rate Bank Indonesia berada pada kisaran Rp. 10.77/KRW dan kurs BI (beli) sekitar Rp. 10.66/KRW.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar