Rabu, 25 September 2013

Ekspor dan Impor Nonmigas ke AS Menunjukkan Sinyal Positif

Berita ekonomi hari ini datang dari sektor ekspor dan impor diamana ekspor nonmigas ke Amerika Serikat menurut laporan Biro Pusat Statistik (BPS) terkini menunjukkan kinerja yang membaik dan perkembangan tersebut ditunjukkan dengan adanya kenaikan pada nilai ekspor nonmigas. Nilai pada bulan Juli dilaporkan dapat mencapai nilai 1482.3 juta Dollar AS .

Pada pada bulan sebelumnya ekspor nonmigas ke negara tersebut hanya mencapai nilai 1284.6 juta Dollar AS. Dengan demikian kinerja ekspor nonmigas pada periode tersebut mengalami peningkatan sebesar + 197.7 juta Dollar AS, atau naik sebesar + 15.39 %.

Data terkini dari Biro Pusat Statistik juga menunjukkan bahwa ekspor nonmigas dari awal tahun ini sampai bulan Juli secara total mencapai angka 9026.6 juta Dollar AS. Perkembangan tersebut menunjukkan adanya kenaikan sebesar + 290.70 juta Dollar AS atau menguat sekitar + 3.32 %, dimana pada periode yang sama tahun lalu hanya mencapai nilai 8735.9 juta Dollar AS.

Perkembangan impor nonmigas dari negara asal Amerika Serikat mengacu kepada laporan Biro Pusat Statistik (BPS) terkini menunjukkan meningkat. Perkembangan ini ditunjukkan dengan adanya kenaikan pada nilai impor nonmigas dari negara tersebut dimana nilai pada bulan Juli dilaporkan dapat mencapai angka sekitar 818.9 juta Dollar AS (CIF).

Sementara itu kinerja impor nonmigas pada bulan sebelumnya hanya mencapai nilai 742 juta Dollar AS . Dengan demikian kinerja impor nonmigas pada rentang waktu Januari – Juli  mengalami peningkatan sebesar + 76.9 juta Dollar AS, atau sekitar + 10.36 %.

Laporan terkini dari Biro Pusat Statistik juga menunjukkan bahwa impor nonmigas dari awal tahun ini sampai bulan Juli secara total mencapai nilai 5380.8 juta Dollar AS. Data ini menunjukkan adanya penurunan sebesar  -1239.3 juta Dollar AS atau sekitar  -18.72 %, dimana pada periode yang sama tahun lalu hanya mencapai nilai 6620.1 juta Dollar AS.

Analis ekonomi Vibiz Research dari Vibiz Consulting mengemukakan bahwa Dollar Amerika Serikat  terpantau bergerak terangkat naik sangat tajam sekitar 19.11 % terhadap mata uang Rupiah pada perdagangan valas sejak awal Januari sampai dengan hari ini, sementara itu kurs BI (jual) Dollar Amerika Serikat dengan rate Bank Indonesia  terkini berada pada kisaran Rp. 11593/USD dan kurs BI (beli) sekitar Rp. 11477/USD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar