Senin, 11 November 2013

Ekspor dan Impor Nonmigas ke dan dari Thailand Melemah

Berita ekonomi mengenai ekspor nonmigas ke negara tujuan Thailand menurut laporan Biro Pusat Statistik (BPS) terkini menunjukkan kinerja melemah. BPS melaporkan bahwa nilai ekspor nonmigas ke negara tersebut pada bulan Agustus hanya mencapai nilai 340.4 juta Dollar AS .

Kinerja ekspor nonmigas bulan sebelumnya ke negara tersebut dapat mencapai nilai 459.7 juta Dollar AS. Dengan demikian kinerja ekspor nonmigas pada periode tersebut mengalami pelemahan sebesar -119.3 juta Dollar AS, atau turun sebesar -25.95 %.

Laporan terbaru dari Biro Pusat Statistik juga menunjukkan bahwa ekspor nonmigas dari awal tahun ini sampai bulan Agustus secara total mencapai nilai 3554.9 juta Dollar AS. Angka tersebut menunjukkan adanya pelemahan sebesar -17.19 juta Dollar AS atau turun sekitar -0.48 %, dimana pada periode yang sama tahun lalu mencapai nilai 3572.1 juta Dollar AS.

Sementara itu kabar ekonomi mengenai impor nonmigas dari Thailand berdasarkan kepada laporan Biro Pusat Statistik (BPS) terkini menunjukkan kinerja yang melemah Hal demikian ditunjukkan dengan adanya penurunan pada nilai impor nonmigas dari negara tersebut dimana nilai pada bulan Agustus dilaporkan hanya mencapai angka sekitar 747.7 juta Dollar AS (CIF).

Kinerja impor nonmigas bulan sebelumnya dari negara itu dapat mencapai nilai 990.9 juta Dollar AS . Dengan demikian kinerja impor nonmigas pada rentang Januari – Agustus mengalami penurunan sebesar -243.2 juta Dollar AS, atau sekitar -24.54 %.

Data terkini dari Biro Pusat Statistik juga menunjukkan bahwa impor nonmigas dari awal tahun ini sampai bulan Agustus secara total mencapai angka 7492.8 juta Dollar AS. Perkembangan itu menunjukkan adanya pengurangan sebesar -165.59 juta Dollar AS atau sekitar -2.16 %, dimana pada periode yang sama tahun lalu dapat mencapai nilai 7658.4 juta Dollar AS.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting mengemukakan bahwa pada analisa kurs BI hari ini Baht Thailand terpantau bergerak menguat sekitar 14.44 % terhadap mata uang Rupiah pada perdagangan valuta asing dari awal Januari sampai dengan hari ini, sementara itu data terakhir kurs BI (jual) Baht Thailand dengan rate Bank Indonesia berada pada kisaran Rp. 365.58/THB dan kurs BI (beli) sekitar Rp. 361.48/THB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar