Rabu, 06 November 2013

Ekspor dan Impor Nonmigas Ke dan Dari ASEAN Mengalami Penurunan

Berita ekonomi mengenai ekspor nonmigas ke ASEAN Lainnya menurut laporan Biro Pusat Statistik (BPS) terkini menunjukkan kinerja yang melemah. Perkembangan itu ditunjukkan dengan memburuknya nilai ekspor ke negara tersebut, dimana nilai pada bulan Agustus hanya mencapai nilai 546.1 juta Dollar AS .

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa ekspor nonmigas ke negara tersebut pada bulan sebelumnya dapat mencapai nilai 622.7 juta Dollar AS. Dengan demikian kinerja ekspor nonmigas pada periode tersebut mengalami pengurangan sebesar -76.6 juta Dollar AS, atau memburuk sebesar -12.30 %.

Data paling akhir dari BPS juga menunjukkan bahwa ekspor nonmigas dari awal tahun ini sampai bulan Agustus secara total mencapai angka 4704 juta Dollar AS. Laporan tersebut menunjukkan adanya kenaikan sebesar 382.2 juta Dollar AS atau naik sekitar 8.84 %, dimana pada periode yang sama tahun lalu mencapai nilai 4321.8 juta Dollar AS.

Impor nonmigas dari ASEAN Lainnya menurut laporan Biro Pusat Statistik (BPS) terkini menunjukkan kinerja yang negatif. Hal itu ditunjukkan dengan menurunnya nilai impor nonmigas dari negara tersebut dimana nilai impor nonmigas pada bulan Agustus hanya mencapai angka 230.4 juta Dollar AS (CIF).

Sementara itu kinerja impor nonmigas pada bulan sebelumnya dapat mencapai nilai 355 juta Dollar AS . Dengan demikian kinerja impor nonmigas pada periode Januari – Agustus menunjukkan kinerja melemah sebesar -124.6 juta Dollar AS, atau sekitar-35.09 %.

Data paling akhir dari BPS juga menunjukkan bahwa impor nonmigas dari awal tahun ini sampai bulan Agustus secara total mencapai angka 2341.4 juta Dollar AS. Laporan tersebut menunjukkan adanya kenaikan sebesar 102.3 juta Dollar AS atau sekitar 4.56 %, dimana pada periode yang sama tahun lalu dapat mencapai nilai 2239.1 juta Dollar AS.

Analisa ekonomi Vibiz Research dari Vibiz Consulting mengemukakan bahwa pada analisa kurs BI hari ini Dollar Amerika Serikat terpantau bergerak terangkat sekitar 17.59 % terhadap mata uang Rupiah pada perdagangan valas dari awal Januari sampai dengan hari ini, sementara itu kurs BI (jual) Dollar Amerika Serikat dengan rate Bank Indonesia berada pada kisaran Rp. 11446/USD dan kurs BI (beli) sekitar Rp. 11332/USD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar