Kamis, 01 Agustus 2013

Ekspor dan Impor Nonmigas dari AS Masih Terus Naik

 Ekspor Nonmigas Ke AS Masih Melaju NaikEkspor nonmigas ke negara tujuan AS menurut laporan Biro Pusat Statistik (BPS) terkini menunjukkan kinerja yang membaik. Perkembangan itu ditunjukkan dengan adanya kenaikan pada nilai ekspor ke negara tersebut, dimana pada bulan Mei dapat mencapai nilai 1303.1 juta Dollar AS .

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa pada bulan sebelumnya hanya mencapai nilai 1203.6 juta Dollar AS. Dengan demikian kinerja ekspor nonmigas pada periode tersebut mengalami penguatan sebesar + 99.5 juta Dollar AS, atau bertambah sebesar + 8.26 %.

Data paling akhir dari BPS juga menunjukkan bahwa ekspor nonmigas dari awal tahun ini sampai bulan Mei secara total mencapai angka 6259.8 juta Dollar AS. Laporan tersebut menunjukkan adanya penguatan sebesar + 117.40 juta Dollar AS atau bertambah sekitar + 1.91 %, dimana pada periode yang sama tahun lalu hanya mencapai nilai 6142.4 juta Dollar AS.

Impor nonmigas dari Amerika Serikat mengacu kepada laporan Biro Pusat Statistik (BPS) terkini menunjukkan performa meningkat. Perkembangan ini ditunjukkan dengan adanya penguatan pada nilai impor nonmigas dari negara tersebut dimana nilai pada bulan Mei dilaporkan dapat mencapai nilai sekitar 956.8 juta Dollar AS (CIF).

Dilaporkan juga bahwa bulan sebelumnya impor nonmigas dari negara terkait hanya mencapai nilai 942.3 juta Dollar AS . Dengan demikian kinerja impor nonmigas pada rentang tempo Januari - Mei mengalami kenaikan sebesar + 14.5 juta Dollar AS, atau sekitar + 1.53 %.

Data paling akhir dari Biro Pusat Statistik juga menunjukkan bahwa impor nonmigas dari awal tahun ini sampai bulan Mei secara total mencapai angka 3819.2 juta Dollar AS. Nilai itu menunjukkan adanya penurunan sebesar 863.6 juta Dollar AS atau sekitar -18.44 %, dimana pada periode yang sama tahun lalu hanya mencapai nilai 4682.8 juta Dollar AS.

Analis ekonomi Vibiz Research dari Vibiz Consulting mengemukakan bahwa Dollar Amerika Serikat terpantau bergerak terangkat sekitar 6.12 % terhadap mata uang Rupiah pada perdagangan valas dari awal Januari sampai dengan hari ini, sementara itu kurs BI (jual) Dollar Amerika Serikat dengan rate Bank Indonesia berada pada kisaran Rp. 10329/USD dan kurs BI (beli) sekitar Rp. 10227/USD. Selengkapnya bisa lihat disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar