Selasa, 10 Desember 2013

Ekspor Nonmigas Ke Singapura Melemah, Impor Nonmigas dari Singapura Justru Meningkat

Berita ekonomi mengenai Ekspor nonmigas ke negara tujuan Singapura menurut laporan Biro Pusat Statistik (BPS) terkini , menunjukkan perkembangan melemah. Hal tersebut ditunjukkan dengan berkurangnya nilai ekspor ke negara Singapura , dimana nilai pada bulan Singapura dilaporkan hanya mencapai nilai 756 juta Dollar AS .

Sementara itu pada bulan sebelumnya ekspor nonmigas ke negara tersebut dapat mencapai nilai 833.5 juta Dollar AS. Dengan demikian kinerja ekspor nonmigas pada periode tersebut mengalami pelemahan sebesar -77.5 juta Dollar AS, atau berkurang sebesar -9.29 %.

Laporan terbaru dari BPS juga menunjukkan bahwa ekspor nonmigas dari awal tahun ini sampai bulan Oktober secara total mencapai nilai 8673 juta Dollar AS. Perkembangan tersebut menunjukkan adanya kenaikan sebesar 186.9 juta Dollar AS atau sekitar 2.20 %, dimana pada periode yang sama tahun lalu mencapai nilai 8486.1 juta Dollar AS.

Impor nonmigas dari Singapuramenurut laporan Biro Pusat Statistik (BPS) terkini menunjukkan kinerja yang meningkat. Hal itu ditunjukkan dengan adanya kenaikan pada nilai impor nonmigas dari negara tersebut dimana pada bulan Oktober dilaporkan dapat mencapai nilai sekitar 913 juta Dollar AS (CIF) .

Pada bulan sebelumnya impor nonmigas dari negara terkait hanya mencapai nilai 884 juta Dollar AS . Dengan demikian kinerja impor nonmigas pada periode Januari – Oktober mengalami penambahan sebesar + 29 juta Dollar AS, atau sekitar + 3.28 %.

Data paling akhir dari Biro Pusat Statistik juga menunjukkan bahwa impor nonmigas dari awal tahun ini sampai bulan Oktober secara total mencapai angka 8526.2 juta Dollar AS. Laporan itu menunjukkan adanya penurunan sebesar -372.29 juta Dollar AS atau sekitar -4.18 %, dimana pada periode yang sama tahun lalu hanya mencapai nilai 8898.5 juta Dollar AS.

Analis ekonomi Vibiz Research dari Vibiz Consulting mengemukakan bahwa pada analisa kurs BI hari ini Dollar Singapura terpantau bergerak menguat sekitar 20.94 % terhadap mata uang Rupiah pada perdagangan valas dari awal Januari sampai dengan hari ini. Adapun kurs BI (jual) Dollar Singapura dengan rate Bank Indonesia berada pada kisaran Rp. 9641.4/SGD dan kurs BI (beli) sekitar Rp. 9541.53/SGD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar