Senin, 21 Oktober 2013

Ekspor dan Impor Nonmigas ke dan dari Korea Selatan Masih Menurun

Kabar ekonomi Indonesia hari ini terkait ekspor nonmigas ke negara tujuan Korea Selatan menurut laporan Biro Pusat Statistik (BPS) terkini menunjukkan kinerja yang melemah. Perkembangan itu ditunjukkan dengan memburuknya nilai ekspor ke negara tersebut, dimana nilai pada bulan Agustus hanya mencapai nilai 454.2 juta Dollar AS .

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa ekspor nonmigas ke negara tersebut pada bulan sebelumnya dapat mencapai nilai 500.4 juta Dollar AS. Dengan demikian kinerja ekspor nonmigas pada periode tersebut mengalami pengurangan sebesar -46.2 juta Dollar AS, atau memburuk sebesar -9.23 %.

Data paling akhir dari BPS juga menunjukkan bahwa ekspor nonmigas dari awal tahun ini sampai bulan Agustus secara total mencapai angka 4069.1 juta Dollar AS. Laporan tersebut menunjukkan adanya pelemahan sebesar -486.4 juta Dollar AS atau turun sekitar -10.67 %, dimana pada periode yang sama tahun lalu mencapai nilai 4555.5 juta Dollar AS.

Impor nonmigas dari Korea Selatan mengacu kepada laporan Biro Pusat Statistik (BPS) terkini menunjukkan performa melemah. Perkembangan ini ditunjukkan dengan adanya pelemahan pada nilai impor nonmigas dari negara tersebut dimana nilai pada bulan Agustus dilaporkan hanya mencapai nilai sekitar 563.1 juta Dollar AS (CIF).

BPS juga melaporkan bahwa bulan sebelumnya impor nonmigas dari negara itu dapat mencapai nilai 791.9 juta Dollar AS . Dengan demikian kinerja impor nonmigas pada rentang tempo Januari – Agustus mengalami penurunan sebesar -228.8 juta Dollar AS, atau sekitar-28.89 %.

Data paling akhir dari Biro Pusat Statistik juga menunjukkan bahwa impor nonmigas dari awal tahun ini sampai bulan Agustus secara total mencapai angka 6108.8 juta Dollar AS. Nilai itu menunjukkan adanya kenaikan sebesar 636.7 juta Dollar AS atau sekitar 11.63 %, dimana pada periode yang sama tahun lalu dapat mencapai nilai 5472.1 juta Dollar AS.

Analis ekonomi Vibiz Research dari Vibiz Consulting mengemukakan bahwa pada analisa kurs BI hari ini Won Korea Selatan terpantau bergerak menguat sekitar 17.50 % terhadap mata uang Rupiah pada perdagangan valas dari awal Januari sampai degan hari ini. Adapun kurs BI (jual) Won Korea Selatan dengan rate Bank Indonesia berada pada kisaran Rp. 10.74/KRW dan kurs BI (beli) sekitar Rp. 10.63/KRW.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar