Selasa, 09 Juli 2013

Disaat Ekspor Nonmigas ke Negara Jepang Turun, Impor Nonmigas Dari Jepang Malah Naik

Ekspor Nonmigas Ke Jepang Kembali TurunBerita ekonomi hari datang dari ekspor nonmigas ke negara tujuan Jepang menurut laporan Biro Pusat Statistik (BPS) terkini menunjukkan perkembangan memburuk. Hal tersebut ditunjukkan dengan masih turunnya nilai ekspor nonmigas ke negara ini, dimana nilai pada bulan April dilaporkan hanya mencapai nilai 1297.2 juta Dollar AS.

Laporan BPS juga menunjukkan bahwa pada bulan sebelumnya ekspor nonmigas ke negara tersebut dapat mencapai nilai 1336 juta Dollar AS. Dengan demikian kinerja ekspor nonmigas pada periode tersebut mengalami pelemahan sebesar -38.8 juta Dollar AS, atau berkurang sebesar -2.90 %.

Laporan terbaru dari BPS juga menunjukkan bahwa ekspor nonmigas dari awal tahun ini sampai bulan April secara total mencapai nilai 5400.8 juta Dollar AS. Perkembangan tersebut menunjukkan adanya penurunan sebesar -284.09 juta Dollar AS atau turun sekitar -4.99 %, dimana pada periode yang sama tahun lalu mencapai nilai 5684.9 juta Dollar AS.

Sementara itu impor nonmigas dari Jepang berdasarkan kepada laporan Biro Pusat Statistik (BPS) terkini menunjukkan kinerja yang meningkat. Hal demikian ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada nilai impor nonmigas dari negara tersebut dimana nilai pada bulan April dilaporkan dapat mencapai angka sekitar 1871 juta Dollar AS (CIF).

Pada pada bulan sebelumnya impor nonmigas dari negara terkait hanya mencapai nilai 1556.9 juta Dollar AS . Dengan demikian kinerja impor nonmigas pada rentang Januari - April mengalami penambahan sebesar + 314.1 juta Dollar AS, atau sekitar + 20.17 %.

Data terkini dari Biro Pusat Statistik juga menunjukkan bahwa impor nonmigas dari awal tahun ini sampai bulan April secara total mencapai angka 6522.1 juta Dollar AS. Perkembangan itu menunjukkan adanya penurunan sebesar -1211.8 juta Dollar AS atau sekitar -15.6%, dimana pada periode yang sama tahun lalu dapat mencapai nilai 7733.9 juta Dollar AS.

Analisa fundamental Vibiz Research dari Vibiz Consulting mengemukakan bahwa Yen Jepang terpantau bergerak turun sekitar -11.53 % terhadap mata uang Rupiah pada perdagangan valas dari awal Januari sampai dengan hari ini. Adapun kurs BI (jual) Yen Jepang dengan rate Bank Indonesia berada pada kisaran Rp. 99.03/JPY dan kurs BI (beli) sekitar Rp. 98.03/JPY.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar