Senin, 16 Desember 2013

Ekspor Nonmigas Ke Thailand Agak Turun, Impor Nonmigas Dari Thailand Justru Meningkat

Kabar ekonomi mengenai perkembangan ekspor nonmigas ke negara tujuan Thailand menurut laporan Badan Pusat Statistik (BPS) terkini menunjukkan pelemahan yang ditunjukkan dengan adanya penurunan pada nilai ekspor ke negara tersebut. Nilai pada bulan Oktober dilaporkan hanya mencapai nilai 429.2 juta Dollar AS .

Sementara itu pada bulan sebelumnya ekspor nonmigas ke negara tersebut dapat mencapai nilai 439 juta Dollar AS. Dengan demikian kinerja ekspor nonmigas pada periode tersebut mengalami penurunan sebesar -9.80 juta Dollar AS, atau amblas sebesar -2.23 %.

Laporan terkini dari Biro Pusat Statistik juga menunjukkan bahwa ekspor nonmigas dari awal tahun ini sampai bulan Oktober secara total mencapai nilai 4418.8 juta Dollar AS. Data tersebut menunjukkan adanya penurunan sebesar -156.2 juta Dollar AS atau turun sekitar -3.41 %, dimana pada periode yang sama tahun lalu mencapai nilai 4575 juta Dollar AS.

Impor nonmigas dari Thailand berdasarkan kepada laporan Badan Pusat Statistik (BPS) terkini menunjukkan kinerja yang meningkat. Hal demikian ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada nilai impor nonmigas dari negara tersebut dimana nilai pada bulan Oktober dilaporkan dapat mencapai angka sekitar 884.5 juta Dollar AS (CIF).

Pada pada bulan sebelumnya impor nonmigas dari negara terkait hanya mencapai nilai 835.4 juta Dollar AS . Dengan demikian kinerja impor nonmigas pada rentang Januari – Oktober mengalami penambahan sebesar + 49.1 juta Dollar AS, atau sekitar + 5.87 %.

Data terkini dari Biro Pusat Statistik juga menunjukkan bahwa impor nonmigas dari awal tahun ini sampai bulan Oktober secara total mencapai angka 9212.7 juta Dollar AS. Perkembangan itu menunjukkan adanya penurunan sebesar -383 juta Dollar AS atau sekitar -3.99 %, dimana pada periode yang sama tahun lalu hanya mencapai nilai 9595.7 juta Dollar AS.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting mengemukakan bahwa pada analisa kurs BI hari ini Baht Thailand terpantau bergerak menekan Rupiah sekitar 18.14 % pada perdagangan valas dari awal Januari sampai dengan hari ini, sementara itu data terkini kurs BI (jual) Baht Thailand dengan rate Bank Indonesia berada pada kisaran Rp. 377.39/THB dan kurs BI (beli) sekitar Rp. 373.16/THB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar